Rabu, 17 Mei 2017

Hal yang Perlu Kalian Diketahui Tentang Enumerasi



         
Tahukah anda apa itu enumerasi ???
^_^
Enumerasi mikroba adalah teknik perhitungan jumlah mikroba dalam suatu media tanpa mengidentifikasi jenis mikroba (bakteri, jamur, yeast). Tujuan enumerasi adalah untuk mengetahui jumlah bakteri yang mungkin ada pada suatu bahan terutama bahan makanan yang disimpan dengan waktu tertentu.
Teknik enumerasi mikroba ada dua yakni metode enumerasi mikroba secara
read more... langsung dan cara tidak langsung.
a.        Enumerasi mikroorganisme secara langsung merupakan cara perhitungan terhadap total dari jumlah sel mikroba dalam suatu sampel secara mikroskopik. Kelebihan metode ini adalah dapat menghitung jumlah mikroorganisme lebih cepat dan dapat mengetahui informasi tambahan tentang mikroba yang sedang dihitung sedangkan kekurangan dari metode ini adalah sel mikroba yang mati dianggap seperti sel yang hidup, sel mikroba yang mati sulit dihitung dengan pasti, dan sel yang sedang dihitung perlu mencapai jumlah konsentrasi yang memadai untuk dihitung.

b.      Enumerasi secara tidak langsung yaitu teknik menghitung jumlah mikroba yang hanya terlihat pada media dilakukan tanpa menggunakan  alat. Kelebihan dari metode ini adalah memiliki hasil yang lebih akurat karena perhitungannya dihitung dari mikroba yang masih hidup. Sedangkan kelemahan dari metode ini membutuhkan waktu inkubasi yang cukup lama sehingga hasil yang didapat diperoleh dengan waktu singkat.

Metode Total Plate Count (TPC)
       Metode Total Plate Count (TPC) merupakan suatu metode untuk menghitung jumlah mikroba pada media. Metode ini dibagi menjadi dua cara yaiu Pour Plate dan Spread Plate. Metode ini dilakukan secara dilakukan secara tidak langsung karena hanya menghitung jumlah mikroba yang hidup. Prinsip dari metode hitungan cawan atau Total Plate Count (TPC) adalah menumbuhkan sel mikroorganisme yang masih hidup pada media agar, sehingga mikroorganisme akan berkembang biak dan membentuk koloni yang dapat dilihat langsung dan dihitung dengan mata tanpa menggunakan mikroskop. Pada metode ini, teknik pengenceran merupakan hal yang harus dikuasai. Sebelum mikroorganisme ditumbuhkan dalam media, terlebih dahulu dilakukan pengenceran sampel menggunakan larutan fisiologis. Kelebihan dari metode ini yaitu dapat diketahui adanya mikroba jenis lain yang terdapat pada media dan dapat mengetahui jumlah mikroba yang dominan sedangkan kekurangan dari metode ini adalah Memungkinkan terjadinya koloni yang berasal lebih dari satu sel mikroba, seperti pada mikroba yang berpasangan, rantai atau kelompok sel.
Faktor Faktor Enumerasi Pada Metode TPC
1.      Suhu
2.      pH
3.      Kelarutan dan aktivitas air
4.      Konsentrasi oksigen dan tekanan.
5.      Pengenceran bertingkat.

Suhu lingkungan dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan mikroorganisme. Berikut merupakan klasifikasi mikroorganisme berdasarkan tingkat suhu di lingkungan tempat mereka berada. Setiap jenis mikroorganisme memiliki kisaran nilai pH tertentu agar mereka dapat tumbuh. Selain itu Pentingnya keberadaan oksigen terhadap pertumbuhan mikroorganisme sangat berkaitan erat dengan metabolisme mikroorganisme itu sendiri. Berdasarkan tingkat kelarutan dan aktivitas air, jenis mikroorganisme dibedakan menjadi dua jenis yaitu osmotolerant dan halophile. Berdasarkan besar tekanan, hanya terdapat satu jenis mikroorganisme yaitu Barophilic dimana mikroorganisme tersebut dapat tumbuh lebih cepat didaerah dengan tekanan hidrostatik yang tinggi.

Mikroba adalah makhluk yang sangat kecil dan hanya dapat dilihat dibawah mikroskop. Salah satu jenis mikroorganisme adalah bakteri. Bakteri merupakan organisme uniselular yang tumbuh dengan cara pembelahan biner yaitu satu sel membelah secara simetris. Koloni bakteri adalah sekumpulan dari bakteri-bakteri yang sejenis yang mengelompok menjadi satu dan membentuk suatu koloni - koloni. Batasan penghitungan mikroba yaitu 30 - 300.
*      TSUD
       Terlalu Sedikit Untuk Dihitung (TSUD) merupakan jumlah terkecil dari hasil koloni yang didapatkan yaitu <30 koloni yang ada pada media maka dari itu termasuk tidak memenuhi syarat yang ada. Hal ini sesuai dengan pendapat Yudhabuntara (2010) yang menyatakan bahwa kisaran untuk menentukan batas minimum untuk menghitung mikroba sebanyak 30 CFU/ml.

*      TBUD
       Terlalu Banyak Untuk Dihitung (TBUD) merupakan jumlah terbesar dari hasil koloni yang didapatkan yaitu >300 koloni yang ada pada media sehingga masuk dalam syarat perhitungan jumlah mikroba., Hal ini sesuai dengan pendapat Yudhabuntara (2010) yang menyatakan bahwa kisaran untuk menentukan batas minimum untuk menghitung mikroba sebanyak 300 CFU/ml.


Adapun rumus untuk menghitung jumlah mikroba sebagi berikut :
Rumus penghitungan mikroba :



∑sel = ∑ koloni/cawan x 1/fp x 1/∑inokulum


Keterangan :
·         ∑ sel = Jumlah sel
·         ∑ koloni = Jumlah koloni
·         ∑ inokulum = Jumlah inokulum
·         Fp = Faktor pengenceran





4 komentar:

Pewarnaan Gram

PEWARNAAN GRAM !!!! Melihat dan mengamati bakteri dalam kedaan hidup sangat sulit, karena selain bakteri itu tidak berwarna ...